Pages

Kamis, 20 Februari 2014

KAMIS, 20 FEBRUARI 2014

    Seperti biasanya sebelum kegiatan pkl present dulu untuk daftar kehadiran.
pkl hari ini tugasnya menyelesaikan proposal yang kemarin masih banyak yang salah. khusus RPLditugasi untuk membuat artikel tentang macam-macam bahasa pemograman tingkat rendah dan tingkat tinggi, disertai dengan contohnya. khusus bahasa pemograman tingkat tinggi contoh nya harus lebih dari 10 macam. tugas itu harus dicetak ukuran fholio paling lambat dikumpulkan pada tanggal 26 februari 2014 jam 10.00 WIB, dan tugas itu harus tidak boleh sama karena ini tugas perorangan. saya hari ini mengerjakan proposal yang kemarin masih belum selesai, saya mencoba membuat rancangan nya tapi ternyata sulit juga, karena logikanya harus main. dan saya sambil mencari tutorial tentang macam-macam bahasa pemograman tingkat rendah dan tingkat tinggi. dan alhamdulilah tugas yang disuruh membuat artikel tentang macam-macam bahasa pemograman sudah selesai. :)
sedikit penjelasan tentang bahasa pemograman tingkat rendah dan tingkat tinggi.



MACAM-MACAM BAHASA PEMOGRAMAN TINGKAT RENDAH DAN TINGKAT TINGGI.

  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah. Bahasa ini biasa disebut dengan bahasa mesin. Karena bahasa ini hanya dapat dikenali oleh mesin-mesin tertentu. Salah satu contoh bahasa pemrograman tingkat rendah adalah Assembly.
  2. Bahasa pemrograman tingkat tinggi. bahasa pemograman tingkat tinggi adalah sebuah bahasa pemrograman yang jika dibandingkan dengan bahasa pemograman tingkat rendah memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel  artinya lebih mudah diadaptasikan antar-platform dan lebih abstrak seperti halnya pengaksesan Bahasa-bahasa semacam ini memori. Kebanyakan bahasa pemrograman yang ada saat ini contoh nya adalah bahasa tingkat tinggi seperti JAVA, PHP, HTML,PYTHON,SQL,COBOL,MICROSOFT VISUAL BASIC, C++,DELPHI, JAVA SCRIPT,C,PASCAL,NET.
Contoh bahasa pemograman tingkat tinggi :
a.       JAVA
Java adalah bahasa pemograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam.
b.      JAVA SCRIPT
Java script adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
c.       PHP
Php adalah bahasa pemograman web yang paling banyak digunakan saat ini, banyak dipakai untuk memogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk di gunakan pemakaian  lain.
d.      C++
C++ adalah bahasa pemograman yang memiliki sifat pemograman berorientasi
Objek untuk menyelesaikan suatu masalah.
C++ hampir sama dengan bahasa pemograman C ,tetapi meskipun bahasa-bahasa tsb menggunakan  sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan.
e.       VISUAL BASIC
Visual basic (microsoft visual basic) sering disingkat sebagai VB, merupakan sebuah pemograman yang menawarkan  integrated development environment (IDE) visual ini untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi microsoft windows dengan menggunakan model pemograman (COM). Visual basic ini merupakan turunan bahasa pemograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
f.       DELPHI
Delphi adalah kompiler atau penterjemah bahasa delphi yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan basic atau C yang merupakan produk dari borland corp. Bahasa pemograman di delphi ini disebut disebut dengan bahasa procedural artinya bahasa atau sintaks nya mengikuti urutan tertentu atau procedur dalam pemograman..
Delphi ini termasuk keluarga dari visual visual basic.
g.      PHYTON
Phyton adalah salah satu bahasa pemograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Phyton ini memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sangat sederhana tapi efektif untuk penerapan pemograman berorientasi objek.
Phyton memiliki sintaks dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat  ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi di berbagai bidang dan flatform system operasi.
h.      C
C  adalah sebuah bahasa pemograman  yang dibuat untuk memogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak di pakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer bahkan terdapat beberapa compiler yang sangat populer telah tersedia.
i.        HTML
Html (Hypertext  Markup Language) adalah  sebuah bahasa pemograman markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.
                                                                                


j.        MICROSOFT VISUAL BASIC
Microsoft visual basic adalah sebuah bahasa pemograman  yang menawarkan develop environment(IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi windows dengan menggunakan model pemograman  (COM).
 visual basic merupakan turunan bahasa pemograman dan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
k.      PASCAL
Pascal merupakan bahasa pemograman yang terstruktur artinya bahasa pemogramanya dapat dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil yang dapat digunakan berulang-ulang kali.
l.        NET
Net merupakan bahasa pemograman  yang ada di sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi microsoft windows.
m.    RUBY
Ruby adalah bahasa skripting yang berorientasi obyek. Ruby digunakan untuk menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemograman skripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.
n.      ASP
Asp singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web dinamis. Asp merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh microsoft. Asp bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
o.      XML (Extensible Markup Language)
Xml adalah bahasa markup yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. Xml merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
p.      WML (Wireless Markup Language)
Wml adalah bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis xml.
Wml ini juga digunakan dalam aplikasi wireless dan merupakan analogi dari html yang berjalan pada protocol nirkabel.
q.      PERL
Perl adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk berbagai tugas termasuk sistem administrasi,pengembanagan web,pemograman jaringan,pengembangan GUI. Dan juga untuk mesin dengan sistem operasi Unix(SunOS,Linux,BSD,HP-UX). Juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS,WINDOWS,PowerPC,BeOS,VMS,EBCDIC,dan PocketPC.
Perl merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
r.        CSS
Css adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Css ini paling umum digunakan untuk menformat halaman web yang di tulis dangan HTML dan XHTML.
s.       CFM
Cfm dibuat menggunakan tag Coldfusion/Bluedragon/Coldfusion Studio.
Syntax coldfusion berbasis html.



 

0 komentar:

Posting Komentar