Kegiatan pkl
Hari ini masih mengerjakan tugas yang kemarin belum selesai. saya hari ini
sambil mengerjakan tugas yang individu yaitu membuat artikel tentang macam-macam bahasa
pemograman tingkat rendah dan tingkat tinggi.....
disamping itu saya sambil
mengerjakan tugas kelompok yang membuat SISTEM INFORMASI KAMAR JENAZAH
BERBASIS WEB, kenapa tugas ini belum selesai-selesai karna kelompok saya ada
yang tidak aktif ikut mengerjakanya.saat mengerjakan tugas itu, p.kuindra
menambahkan tugas untuk memahami/mengenal mail merge,cara membuat mail merge.
awalnya
tidak begitu paham, tapi setelah baca dan memahaminya di internet ya sedikit
tau tapi tidak mengerti :)
ini ada sedikit materi tentang cara membuat mail merge :
Cara Membuat Mail Merge
Untuk membuat surat undangan dengan beberapa penerima yg berbeda kalian perlu membuat dokumen untuk setiap penerima undanngan, word telah memudahkan hal tersebut dengan fasilitas mail merge. kalian perlu membuat dokumen sekali yg kemudian anda gunakan untuk setiap semua identitas penerima yg berbeda.
Untuk
membuat mail merge langkah pertama yaitu :
pilih menu mailings --> Start Mail Merge --> Step by Step Mail Merge.
Gambar
1 : Wizard untuk membuat mail merge
Kemudian
akan nampak halaman document seperti di bawah, pilih type document yg akan
digunakan, setelah memilih klik link next :starting document yg
berada di pojok kanan.
Gambar 2 : Memilih type document
Karena
sebelumnya document sudah terbuka maka pilihlah use the current document
klik
Next untuk langkah ketiga yaitu memilih penerima surat.
Gambar
3 : Memilih menu use the current document
Untuk
memilih penerima surat Word menyediakan 3 pilihan jika sudah memiliki list
penerima surat maka pilihlah Use an existing list atau jika list
penerima terletak di outlook contacts maka pilihlah Select from outlook
contacts, namun karena disini kita belum ada list penerima sebelumnya
maka pilihlah Type a new list dan klik Create.
Gambar
4 : Membuat list penerima baru
Maka
akan muncul halaman seperti dibawah ini. Kemudian sesuaikan field yang
akan digunakan dengan menekan tombol Customize Columns.
Gambar 5 : Customisasi kolom field
Hapus
semua field-field yang berada di menu field names kecuali field Title karena
nanti kita akan gunakan field tersebut.
Gambar
6 : List kolom field
Tambahkan
field Nama, Perusahaan, Alamat dan Kota dengan menekan tombol add kemudian
ketik nama field lalu tekan tombol OK.
Gambar
7 : Menambahkan field baru
Masukkan
data sesuai dengan field yang tersedia. Kemudian klik tombol Ok untuk
menyimpan Address List ini kedalam format Microsoft office Addres
List dan beri nama yang sesuai lalu klik tombol Save.
Gambar
8 : Mengisi data pada field
Gambar
9 : Menyimpan data pada field
Pada
kotak dialog mail merge recipients akan muncul list penerima undangan yg
dibuat, klik tombol OK.
Gambar 10 : List penerima undangan
Klik
next, untuk langkah selanjutnya yaitu menulis surat dengan menambahkan
field yang dibuat sebelumnya.
Gambar
11 : Memilih menu use an existing list
Pada
langkah ini sebelumnya tempatkan cursor dibawah kalimat Kepada Yth,
kemudian klik menu more items, maka akan muncul kotak dialog Insert Merge
Field lalu insert kan Tiap-tiap field tersebut ke dalam dokumen
dengan menekan tombol insert.
Gambar
12 : Memasukkan merge field ke dalam document
Langkah
ke empat kemudian klik next, untuk melihat semua surat yang telah
tersusun dengan field data.
Gambar
13 : Susunan field yang di masukkan ke document
Silahkan
cek surat undangan kita di menu following, setelah selesai klik next untuk
melanjutkan langkah selanjutnya.
Gambar
14 : Tampilan field yang berubah ke document
Pada
langkah terakhir kita dapat mencetak atau mengedit surat undangan sesuai yg
kita inginkan.
0 komentar:
Posting Komentar